Jumat, 08 Februari 2008

MEMILIH PIGURA UNTUK PHOTO ATAU LUKISAN

"Pastikan Anda Mendapatkan Garansi Anti Rabuk Selamanya (Apabila bingkai berabuk / dimakan rayap, diganti gratis) untuk setiap pembelian bingkai Anti Rabuk di Toko Kami. "

Menyambung pada tulisan kami sebelumnya mengenai Pigura Anti Rabuk, kami merasa perlu untuk melengkapi tulisan sebelumnya karena menyadari ada beberapa hal seperti istilah-istilah dalam Pigura yang bagi kebanyakan orang tidak mengerti sehingga akhirnya salah dalam pembelian pigura.

Secara umum komponen dalam Pigura adalah sebagai berikut:

1. Pigura Luar
2. Pigura dalam(Lenen / Mat-Board)
3. Obyek yang dipigura
4. Tripleks
5. Spanram
6. Kaca




1. Pigura Luar
Pigura Luar adalah bagian terluar yang sering disebut orang sebagai "PIGURA". Tergantung dari jenis bahan dan motifnya pigura luar inilah yang menjadi "eye capture utama" dari obyek yang dipigura

2. Pigura Dalam
Pigura Dalam adalah "Pigura ke-2" setelah pigura luar yang berfungsi sebagai pemanis tambahan. Beberapa orang karena selera terkadang tidak menggunakan pigura dalam. Tapi bagi sebagian orang lainnya senang menggunakan pigura dalam karena obyek yang dipigura menjadi tampak lebih menarik. Pigura dalam sendiri terbagi menjadi 2 yaitu : "LENEN" dan " MAT BOARD".

LENEN adalah kayu pigura motif minimalis dengan warna putih kearah kelabu dengan tepi berwarna emas atau silver dengan lebar antara 3,5 bahkan 7 cm. Lenen sendiri dalam kenyataan mempunyai banyak bentuk ada yang dilapisi oleh wall paper, beludru ataupun polos. Biasanya untuk lenen anti rabuk mempunyai motif polos. Karena sifatnya sebagai pemanis tambahan, terkadang orang menggunakan beberapa motif Pigura Luar sebagai Lenen dan menggunakan motif lainnya sebagai Pigura Luar.

MAT BOARD adalah sejenis kertas yang berfungsi memberikan jarak obyek yang dibingkai (biasanya photo) supaya tidak bersentuhan langsung dengan kaca dengan ketebalan sekitar 1.5mm. Biasanya MAT BOARD dipotong dengan kemiringan tertentu dengan alat khusus sehingga memberikan kesan yang lebih menarik. Karena harganya yang relatif mahal beberapa pengrajin pigura mengganti MAT BOARD ini dengan KERTAS KARTON. Tentu saja hasil yang dicapai tidak seoptimal apabila menggunakan MAT BOARD.
Obyek yang menggunakan Mat Board sebagai pemanis biasanya adalah Photo yang dicetak pada kertas photo serta piagam.

3. OBYEK YANG DIPIGURA
Obyek yang dipigura bisa berupa Photo, Lukisan, Kain Tapis, Gajah Thailand, Kain Sutra, Kristik, Puzzle, Piagam dan lain-lain.

4. TRIPLEKS
Kayu Tripeks digunakan untuk membentang obyek yang terbuat dari kertas dan kain agar terlihat lebih menarik serta melindunginya dari benturan dari belakang.

5. SPANRAM
Spanram digunakan untuk membentang obyek-obyek yang terbuat dari kain kanvas.


6. KACA
Kaca dipakai sebagai pemanis dan biasanya dipakai pada Photo yang di cetak pada kertas, Piagam serta Tapis. Kaca sendiri terbagi menjadi dua yaitu kaca doff dan kaca biasa. Penggunaan secara umum mengarah pada penggunaan kaca doff, karena tidak memantulkan cahaya, akan tetapi untuk Tapis GAJAH THAILAND, secara umum orang menggunakan kaca biasa karena ornamen yang ada pada Tapis akan terlihat lebih jernih.

Jadi apa obyek yang akan anda bingkai? Photo, Lukisan, Tapis atau Piagam? Berbentuk Kertas atau Kain? Hendak menggunakan Lenen atau Mat board? Apakah hendak menggunakan Pigura Anti Rabuk?

Tidak ada komentar: