Selasa, 01 Januari 2008

Langkah Tepat Menata Rumah Dengan Lukisan

Bagi yang senang dengan seni lukis, mengisi rumah dengan salah satu karya sendiri atau pelukis kesayangan memberi arti tersendiri. Lagipula coretan kuas di atas kanvas itu mampu berbicara dan menciptakan suatu atmosfer yang diinginkan dalam suatu ruangan.


Untuk menciptakan atmosfer yang tepat, menata interior rumah dengan lukisan ini perlu memperhatikan :

  1. Ukuran. Proporsional besar lukisan dan luas ruang yang tersedia harus diperhitungkan denga cermat. Pasalnya, jika ukuran lukisan terlalu besar akan terlihat terlalu mendominasi dan ruangan terkesan penuh. Sebaliknya jika ukurannya terlalu kecil justru akan menegasikan keindahannya dan tidak terlilhat proporsional. Pastikan bahwa masih ada sisa area kosong yang cukup banyak untuk mengimbangi ukuran lukisan yang digunakan.
  2. Warna. Hindari tabrakan warna lukisan dengan tema dekorasi interior rumah. Untuk lebih mudahnya, pilihlah satu atau dua warna dominan pada ruangan, kemudian carilah lukisan yang menggunakan warna dominan yang sama. Dengan demikian, ruangan pun tidak terasa penuh dan ramai.
  3. Gaya. Sama halnya dengan konsep desain rumah, lukisan pun memiliki gaya coretan yang khas di mana hal tersebut bisa memiliki kesinambungan untuk keserasian desain visual. Rumah bergaya minimalis, misalnya, akan lebih cocok menggunakan gaya abstrak modern dengan warna-warni cerah untuk menghidupkan suasana dingin. Pigura lukisan juga memainkan peranan untuk membangun suatu atmosfer dengan memilih desain yang selaras dengan gaya rumah. Mulai dari warna, bahan, maupun ada - tidaknya ornamen di pigura.
  4. Padanan ornamen lainnya. Jika ingin dipadukan dengan furniture, seperti patung, meja, dan kursi di sekitar lukisan, pastikan bahwa ukuran maupun desainnya tidak terlalu berat sehingga lukisan pun tidak terlihat tenggelam. Lukisan bisa dijadikan focal point dalam ruangan, sementara ornamen lainnya menjadi pemanis atau pengimbang tata ruang.
  5. Cara menggantung. Agar terlihat proporsional saat digantung di dinding, pastikan bahwa tingginya sejajar dengan mata, sehingga tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Sesuaikan dengan selera anda dan teruslah berkreasi. Selamat mencoba.
Sumber : klasika kompas

Tidak ada komentar: