Selasa, 01 Januari 2008

Lukisan sebagai unsur penunjang fengshui ruang

Percaya atau tidak, fengshui dapat membawa keseimbangan dan harmoni dalam rumah, mulai perabot, hiasan dinding sampai warna dinding Anda memberi pengaruh dari pergerakan energi di dalam rumah Anda. Pendek kata, fengshui mempunyai pengaruh dalam memberi energi atau kestabilan dalam ruangan Anda

Pencahayaan

Pencahayaan yang sangat baik untuk dalam rumah adalah pencahayaan yang alami. Penempatan titik cahaya yang baik dapat meningkatkan atau menyejukkan sebuah ruangan. Cahaya terang membuat suasana ruang menjadi penuh dengan pergerakan dan aktifitas.
Untuk menimbulkan kesan tenang ke sebuah ruangan, masukkan energi Yin ke dalam rumah. Energi Yin akan menciptakan suasana tenang dan damai. Cara yang terbaik untuk bermaikn dengan pencahayaan adalah dengan menggunakan dimmer (pengatur terang-gelap cahaya lampu). Cara ini memungkinkan Anda mengatur suasana yang diinginkan.

Sentuhan

Seringkali hal ini terlewatkan dalam fengshui. Setiap kali kita bersentuhan dengan banyak hal tetapi kita tidak benar-benar merasakan apa yang kita sentuh. Nah luangkan satu hari untuk menikmati semua ini. Nikmati kehangatan sofa atau kesan damai dari meja. Rasakan sensasi dan bantal, pakaian, makanan dan perhatikan apa yang Anda rasakan. Kehangatan dari sebuah gelas membuat Anda merasa santai. Sebaliknya dinginnya segelas minuman akan memicu Anda beraktivitas mengisi hari ini.

Benda hidup

Hewan peliharaan, tanaman, bunga bisa meningkatkan energi dalam rumah. Jika Anda tidak suka berkebun dan tidak pantai merawat binatag, cukup taruh seikat bunga di dalam vas cantik, letakkan di meja ruang tamu atau ruang makan dan rasakan sensasinya.

Wewangian

Wewangian atau aroma berperan penting dan mudah untuk dibawa ke dalam rumah. Menurut penelitian, penciuman adalah indera manusia yang letaknya paling depan di dalam semua sistem indera manusia. Jadi jangan heran bila Anda mudah teringat dan terbawa di masa lalu hal hanya karena sekilas mencium aroma tertentu. Aroma buah lemon membuat rumah menjadi terasa terang dan penuh udara, sementara bau dari sekeranjang kentang akan membuat rumah Anda terasa sebaliknya. Sedikit saja aroma dari satu bagian rumah akan memengaruhi komposisi energi rumah secara keseluruhan.
Tak pelak lagi, kita menjadi terbiasa dengan bau rumah kita. Berjalanlah ke dalam rumah dengan mata tertutup sepulang bepergian beberapa jam untuk benar-benar bisa *merasakan* rumah Anda melalui indera pencium. Apa pengaruhnya pada Anda? Anda dapat mengubah aroma rumah dan tingkat energi yang ada dengan menggunakan minyak atau lilin beraroma tertentu. Habis bertengkar, misalnya, nyalakan lilin beraroma lavender untuk membawa suasana harmonis kembali ke dalam rumah.

Siklus

Energi selalu berputar di sekitar kita. Seringkali kita lupa betapa pentingnya udara segar dan apa pengaruhnya terhadap kita. Sebuah rumah yang penuh dengan asap rokok akan memberi kesan *berat* dan *melelahkan*. Sementara rumah yang memiliki udara luar yang mengalir baik akan membuat suasana tetap segardan menyenangkan. Bukalah jendela rumah sesaat saja untuk mendapatkan udara segar.

Lukisan dan benda-benda seni

Apa yang dikatakan oleh benda-benda seni maupun lukisan yang Anda miliki? Jika Anda menginginkan adanya *ikatan* yang baik antar diri Anda dan benda-benda seni dan lukisan yang Anda miliki, lihatlah secara menyeluruh koleksi yang Anda miliki dan temukan pesan mereka kepada Anda. Lakukan "sentuhan" seperti yang dijelaskan di atas. Lukisan rohani berkata banyak kepada Anda. Sebuah lukisan rohani yang Anda pajang di ruang tamu, memberikan kesejukan dan perasaan tenang di tengah-tengah keluarga Anda.
Temukan kehangatan dan pesan dari lukisan rohani yang Anda pajang di ruang Anda.

Sumber: Hanna, Tabloid Nova

Tidak ada komentar: